Dunia Management
TRIK MEREBUT PASAR BPJS PDF Print E-mail
Written by dr.Sholihul Absor,MARS   
Friday, 15 May 2015 11:03

TRIK MEREBUT PASAR BPJS

#rebutBPJS

Seminggu lalu saya diminta memberikan materi tentang cara menghadapi persaingan di era BPJS, khususnya bagi klinik atau praktik dokter yang tidak menjadi provider BPJS. Masalah ini memang sangat merisaukan karena ketika semua warga negara diwajibkan menjadi peserta BPJS, disaat yang sama tidak semua bahkan sebagian besar klinik swasta tidak disetujui sebagai provider BPJS. Pertanyaan besarnya adalah darimanakah mendapatkan pasien jika semua orang sudah menjadi peserta BPJS?.

Sebenarnya cukup sederhana menjawab masalah di atas yaitu dengan satu keyakinan bahwa tidak ada single market di dunia bisnis, tidak mungkin satu produk menguasai seluruh pasar, pasti ada celah pasar yang dikuasai oleh pemain lain. Lihat saja bagaimana dulu telkom, PDAM, semen, airline dan banyak lagi lainnya pasarnya dikuasai oleh pemerintah, namun sekarang banyak perusahaan swasta yang bermain di sektor bisnis yang sama. Begitu juga yang terjadi di sektor pelayanan kesehatan, tidak mungkin semuanya dikuasai oleh BPJS.

Panah Merah = Segmen Pasar yg bisa direbut

Last Updated on Friday, 15 May 2015 15:17
Read more...
 
BELAJAR MANAJEMEN RUMAH SAKIT DARI WALMART PDF Print E-mail
Written by dr.Sholihul Absor,MARS   
Wednesday, 22 October 2014 10:41

BELAJAR MANAJEMEN RUMAH SAKIT DARI WALMART

Satu hal yang membuat saya senang saat berkunjung ke Amerika adalah bisa bertemu dan merasakan langsung layanan perusahaan yang sering dibahas dalam kasus kasus marketing, diantara perusahaan itu adalah Walmart. Walaupun beberapa kali saya membaca cerita perusahaan itu tapi tentu berbeda apabila merasakan sendiri , seperti apa layanannya serta hal unik apa yang menyebabkan keduanya jadi contoh kasus marketing yang fenomenal.

Kesempatan belanja di Walmart saya dapatkan saat berada di kota Philadelpia. Siang itu agenda acara cukup longgar, perjalanan balik menuju hotel saya bersama teman teman mencari oleh oleh, dan kebetulan lewat Walmart jadi kita bersama sama mampir belanja disana.

Depan Walmart

Turun dari mobil saya lihat bangunan Walmart yang besar, kira kira seluas lapangan sepak bola, begitu pula parkirnya sangat luas. Di dalam saya berjalan melewati rak rak besar mencari pesanan anak saya, coklat. Suasana dan tataletak di dalam sebenarnya tidak jauh beda dari Carrefour atau Hypermart yang kita kenal di Indonesia, hanya saja lebih besar dan luas. Ketemu rak coklat saya puaskan mengambil bermacam macam coklat, berbagai macam coklat tersedia, mulai coklat hitam sampai coklat putih, mulai bijian yang kecil kecil sampai bungkusan besar besar, pokoknya lengkap. Setelah puas memilih, tas belanja sudah berat terisi coklat, saya bergegas menuju kasir.

Last Updated on Wednesday, 22 October 2014 11:57
Read more...
 
More Articles...
«StartPrev12345678910NextEnd»

Page 4 of 12