Dunia Management
NORMAH MEDICAL SPECIALIS CENTER (NMSC) PDF Print E-mail
Written by dr.Sholihul Absor,MARS   
Thursday, 20 January 2011 09:46

CATATAN PERJALANAN

NORMAH MEDICAL SPECIALIS CENTER (NMSC)


Kalau orang dengar tentang kemajuan rumah sakit di Singapura itu sudah biasa, tapi bila dengar bahwa di Serawak ada rumah sakit yang bervisi global mungkin jarang yang tahu. Tanggal 3-5 Desember 2005 saya diundang oleh NMSC, sebuah rumah sakit yang berada di Kucing, Negara bagian Serawak, Malaysia, dalam rangka mengikuti International Onkology Conference serta menyaksikan pembukaan unit pelayanan baru berkualitas international yaitu unit oncology.

Sebagai orang manajemen tentu saja momen ini tidak berhubungan sama sekali dengan saya. Namun saya mengerti, tentu saja saya diundang dalam rangka pemasaran global NMSC. Dan, kesempatan ini sangat bermanfaat bagi saya untuk melihat bagaimana rumah sakit di Malaysia berkompetisi secara global dengan rumah sakit lain di dalam dan luar Malaysia.

Satu hal yang menarik adalah rasa optimisme para manajer dalam mengembangkan NMSC. Secara geografis maupun psikology NMSC berada dalam posisi yang sulit untuk berkompetisi karena terletak di Negara bagian yang jauh dari pusat pemerintahan yaitu KL. Jalur international juga jarang yang langsung ke Kucing, jadi sulit untuk mengakses secara langsung apabila merefer pasien. Kondisi ini tentu saja menjadi tidak menarik bagi orang untuk memperhitungkan keberadaan NMSC, secara psikology sulit menancap di benak orang dan tidak memberikan value berupa prestise maupun lifestyle, sesuatu yang paling dicari oleh orang kaya di Indonesia, yang merupakan target market NMSC.

Tapi saya respect dengan strategy mereka. Menyadari kelemahanya mereka mencoba memberikan value dari sisi lain. Secara teoritis, value yang dideliverikan ke customer ada 2 yaitu functional benefit dan emotional benefit. Competitor mereka dari Singgapura sudah dikenal dan kuat dalam hal delivery emotional benefit seperti confeniance, courtesy, entertainment, tourism, kelengkapan alat medis, modern, dan tentu saja prestise.

Last Updated on Friday, 28 January 2011 09:14
Read more...
 
Rumah sakit pemerintah hanya menyediakan kelas 3/zaal PDF Print E-mail
Written by dr.Sholihul Absor,MARS   
Tuesday, 11 January 2011 18:46

Last Updated on Friday, 28 January 2011 09:15
Read more...
 
«StartPrev1112NextEnd»

Page 12 of 12