Dunia Management
KUNJUNGAN KE PABRIK FARMASI, BUKAN SEKEDAR TRANSAKSI PDF Print E-mail
Written by dr.Sholihul Absor,MARS   
Thursday, 04 May 2017 18:33

KUNJUNGAN KE PABRIK FARMASI, BUKAN SEKEDAR TRANSAKSI

Di sela kunjungan ke Bandung, saya bersama rombongan mendapat tawaran  mengunjungi sebuah pabrik farmasi terkemuka di Indonesia. Tentu pembaca sudah faham apa maksud tawaran ini, ya pasti untuk mendukung promosi obat yang diproduksinya. Namun sebagai pengamat praktik pemasaran di dunia perumahsakitan tetap saja menarik untuk diamati. Seiring dengan makin ketatnya regulasi pemasaran dan pemakaian obat di rumah sakit, upaya memasarkan obat paten (bukan generik) bukanlah perkara mudah, diperlukan usaha yang keras dan kreatif. Banyak yang menyederhanakan urusan memasarkan obat ini hanya urusan harga obat, discount yang diberikan, serta dukungan apa saja yang diberikan farmasi ke rumah sakit maupun dokter. Padahal tidak demikian, meski harga sudah murah, discount besar, serta bermacam dukungan diberikan, ternyata tidak menjamin rumah sakit atau dokter mau memakai obat tersebut.  Sebenarnya, proses dokter meresepkan obat melalui berbagai tahap, sama seperti konsumen memutuskan memilih produk yang dibutuhkan, inilah yang disebut sebagai customer decision journey (CDJ). Saya akan coba jelaskan secara singkat disini, tentunya dalam konteks kunjungan saya ke pabrikan farmasi.

Berkunjung Ke Pabrik Farmasi.

Berkunjung Ke Pabrik farmasi.

Last Updated on Thursday, 04 May 2017 18:42
Read more...
 
KUNJUNGAN KE KLINIK, PULANG BUNGKUS BEBEK PEDAS PDF Print E-mail
Written by dr.Sholihul Absor,MARS   
Tuesday, 11 April 2017 10:51

KUNJUNGAN KE KLINIK, PULANG BUNGKUS BEBEK PEDAS

Awal bulan pebruari lalu saya berkesempatan ke Pamekasan, ya.... kota di pulau Madura. Dijemput dr. Haryono jam 07.00 wib empat jam perjalanan sampai di tujuan, lancar.... hanya berhenti sebentar untuk ngopi usai melintas jembatan suramadu. Kali ini saya membawa misi menyemangati pengelola klinik yang sedang menghadapi masalah pengembangan. Ingin transformasi menjadi rumah sakit tapi terkendala dana, jika tidak berubah akan dilibas persaingan serta terancam oleh regulasi. Inilah fase kritis sebuah bisnis pada umumnya, bisakah melompati parit transformasi, bila berhasil maka bisnis akan melaju kencang tapi kalau gagal kecemplung ke parit alias bubar, sementara mau mundur tidak bisa.

Tidak banyak yang saya sampaikan dalam kesempatan bertemu dengan pimpinan klinik dan pemilik. Saya hanya menekankan pentingnya sebuah tatakelola yang baik (good corporate governance). Tidak mungkin sebuah rumah sakit atau klinik bisa berkembang tanpa pengelolaan yang bagus yang terintegrasi dalam sebuah sistem.

Last Updated on Tuesday, 11 April 2017 11:25
Read more...
 
«StartPrev12345678910NextEnd»

Page 2 of 12