Dunia Management
KUNJUNGAN KE KLINIK, PULANG BUNGKUS BEBEK PEDAS PDF Print E-mail
Written by dr.Sholihul Absor,MARS   
Tuesday, 11 April 2017 10:51

KUNJUNGAN KE KLINIK, PULANG BUNGKUS BEBEK PEDAS

Awal bulan pebruari lalu saya berkesempatan ke Pamekasan, ya.... kota di pulau Madura. Dijemput dr. Haryono jam 07.00 wib empat jam perjalanan sampai di tujuan, lancar.... hanya berhenti sebentar untuk ngopi usai melintas jembatan suramadu. Kali ini saya membawa misi menyemangati pengelola klinik yang sedang menghadapi masalah pengembangan. Ingin transformasi menjadi rumah sakit tapi terkendala dana, jika tidak berubah akan dilibas persaingan serta terancam oleh regulasi. Inilah fase kritis sebuah bisnis pada umumnya, bisakah melompati parit transformasi, bila berhasil maka bisnis akan melaju kencang tapi kalau gagal kecemplung ke parit alias bubar, sementara mau mundur tidak bisa.

Tidak banyak yang saya sampaikan dalam kesempatan bertemu dengan pimpinan klinik dan pemilik. Saya hanya menekankan pentingnya sebuah tatakelola yang baik (good corporate governance). Tidak mungkin sebuah rumah sakit atau klinik bisa berkembang tanpa pengelolaan yang bagus yang terintegrasi dalam sebuah sistem.

Last Updated on Tuesday, 11 April 2017 11:25
Read more...
 
TIPS MEMBAGI INSENTIF KARYAWAN PDF Print E-mail
Written by dr.Sholihul Absor,MARS   
Tuesday, 08 March 2016 16:40

TIPS MEMBAGI INSENTIF KARYAWAN

Banyak orang mengira ilmu pemasaran hanya ngurusi bagaimana menjual barang atau jasa, sehingga di rumah sakit sering bagian pemasaran di tempatkan dalam struktur tersendiri yang hanya ngurusi promosi. Padahal tidak demikian, ilmu pemasaran sangat luas pemahamannya. Inti pemasaran adalah bagaimana melakukan pertukaran nilai antar stake holder yang saling menguntungkan. Dalam konteks ini tidak hanya pertukaran nilai antara rumah sakit dan pasien saja, tapi juga antara rumah sakit dengan karyawan, dan antara rumah sakit dengan pemilik. Maaf saya agak melebar ceritanya tidak langsung membahas tip membagi insentif, supaya jelas filosofinya dan tercapai maksud dan tujuan membagi insentif.

Kali ini saya membahas pertukaran nilai antara rumah sakit dengan karyawan, atau ada yang mengistilahkan dengan Internal Marketing. Konsep sederhananya, karyawan memberikan komitmen dan loyalitasnya kepada rumah sakit diwujudkan dalam pelayanan yang prima dan kerja keras, sedangkan rumah sakit memberikan gaji, karir, kenyamanan kerja, keamanan, dan kesempatan aktualisasi diri.

Dalam hal gaji ada empat unsur penggajian, yaitu, gaji pokok, tunjangan, insentif, dan bonus. Gaji pokok dan tunjangan untuk memberi rasa aman dalam berkerja, insentif untuk memberikan motivasi, sedangkan bonus diberikan sebagai penghargaan bagi karyawan manakala rumah sakit mendapatkan keuntungan sesuai target yang diharapkan.

Last Updated on Tuesday, 08 March 2016 16:59
Read more...
 
More Articles...
«StartPrev12345678910NextEnd»

Page 2 of 12