Dunia Management
PERTIMBANGAN DALAM MENGEMBANGKAN SEBUAH RUMAH SAKIT PDF Print E-mail
Written by dr.Sholihul Absor,MARS   
Friday, 04 November 2011 13:07

PERTIMBANGAN DALAM MENGEMBANGKAN SEBUAH RUMAH SAKIT

Tidak jarang saya ditanya orang tentang "bagaimana caranya mendirikan rumah sakit.....?" Atau pertanyaan lain tapi mirip, "bagaimana mengembangkan rumah sakit......?" Dua duanya ditanyakan dalam kontek membangun secara fisik sebuah rumah sakit yang akan didirikan, atau menambah ruangan, baik ruang pelayanan maupun kantor. Termasuk juga bagaimana merenovasi bangunan yang sudah tidak layak.

Pada dasarnya ada tiga jenis pembangunan di rumah sakit. Pertama, Membangun rumah sakit baru. Kedua, perluasan bangunan. Ketiga, merenovasi bangunan yang sudah ada. Sebagian besar alasan pembangunan biasanya merespon perkembangan lingkungan sekitarnya. Peluang pasar orang sakit menjadi alasan orang mendirikan rumah sakit baru. Peluang pasar itu ditunjukkan dari antrean pasien di dokter praktek, rumah sakit umum daerah, apotik, atau banyaknya pasien yang berobat ke luar kota bahkan sampai ke luar negeri.

Rumah sakit yang sedang berkembang juga membutuhkan ruangan atau lokasi baru untuk menjawab kebutuhan pasien, khususnya dalam hal kapasitas tempat tidur atau memperluas jenis pelayanan. Tentu ini bisa dilakukan apabila luas tanah yang tersedia masih mencukupi. Sedangkan bagi yang memiliki lahan terbatas, pilihannya tinggal renovasi atau meninggikan bangunan alias membangun lagi di lahan yang sama.

Finishing Touch Gedung Baru RSMG

Membangun rumah sakit memang sangat berbeda bila dibandingkan dengan bangunan publik lainnya. Ada hal hal khusus yang harus dipertimbangkan. Diantaranya, pasien safety, alur barang bersih kotor, alur pengunjung, sterilitas ruangan, standarisasi ruangan menurut aturan yang berlaku, dll. Pertimbangan lain seperti bangunan pada umumnya adalah konstruksi bangunan, mekanika elektrik, arsitektur, saluran air bersih air kotor, instalasi air limbah, parkir, zoning area, dsb. Semua hal di atas dipertimbangkan pada saat proses rancang bangun.

walaupun begitu, agar bangunan yang digarap nantinya mempunyai nilai ekonomi yang tinggi dan tidak sia sia, maka ada hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum membangun, meluaskan, atau renovasi sebuah rumah sakit. Jangan sampai bangunan sudah jadi tetapi malah menjadi beban operasional rumah sakit karena tidak meningkatkan kinerja keuangan. Atau bahkan bangunan mangkrak di tengah jalan karena terganjal persoalan.

Last Updated on Friday, 04 November 2011 13:32
Read more...
 
SYARIAH MARKETING BAGI RUMAH SAKIT PDF Print E-mail
Written by dr.Sholihul Absor,MARS   
Friday, 25 February 2011 08:06

Kemarin saya menerima pesan via BBM yg mengomentari isi blog ini. Komentar ini masuk setelah sdr. Ubaid (yang membangun web ini, staf RS Muhammadiyah Gresik) memposting tampilan homepage web ini ke BBM. Isi pesannya seperti ini,"Alhamdulillah sy brsan bk situs blog dr.Absor ,byk inspirasi, betul pak era global ini hub.dokter dan px sarat transaksi bisnis, saya jual anda beli ..mhn dibr ulasan ttg marketing syariah versi dr.Absor utk rs.islam,krn markt.sya Syakir Sula msh umum tks". Pesan BBM ini dikirim oleh dr. Erika, direktur RS Achmad Dahlan, Kota Kediri.

Terhadap tanggapan itu saya jawab jujur saja, kalau sayapun sedang belajar tentang syariah marketing. Walaupun demikian, saya mempunyai pendapat bahwa prinsip dari syariah marketing tidaklah jauh berbeda dari perkembangan definisi marketing yang update. Yaitu, marketing tidak hanya fokus pada pertukaran value dari inisiator (penjual) ke akseptor (pembeli) dan sebaliknya, tetapi ditekankan bahwa pertukaran itu terjadi dalam kondisi yang transparan, jujur, saling menguntungkan, dan saling percaya. Bahkan pembeli sendiri bisa jadi terlibat dalam aktivitas pemasaran. Pemahaman marketing yang baru ini dalam banyak tulisan disebut dengan berbagai istilah; spiritual marketing, marketing 3.0, marketing horizontal, maupun new wave marketing.

Bersama Syakir Sula

Penulis bersama Syakir Sula (Pengamat Marketing dan Akuntansi Syari'ah)

Last Updated on Friday, 25 February 2011 08:27
Read more...
 
«StartPrev12345678910NextEnd»

Page 10 of 12