Dunia Management
PREDIKSI NASIB RUMAH SAKIT SETAHUN MENDATANG PDF Print E-mail
Written by dr.Sholihul Absor,MARS   
Monday, 15 February 2021 07:28

 

PREDIKSI NASIB RUMAH SAKIT SETAHUN MENDATANG

Januari 2021 sudah kita lewati, tidak banyak perbedaan kondisi pandemi dari tahun 2020, tetap parah. Yang menjadi pemikiran adalah bagaimana kondisi perumahsakitan sebagai pertahanan terakhir melawan pandemi covid ini, mengingat selama pandemi kunjungan pasien non covid menurun drastis. Apakah tetap survive dengan segala kemampuan bertahannya, atau semakin terpuruk karena tidak imbangnya pemasukan dan pengeluaran, ataukah malah semakin berkembang akibat kasus covid yang terus meningkat. Dalam tulisan ini saya mencoba untuk menganalisa apa yang sedang terjadi sekarang dan memprediksi bagaimana nasibnya rumah sakit (RS), setidaknya setahun ke depan.

Melihat tren kasus covid saat ini tidak ada tanda tanda menurun, bahkan bulan januari mencapai rekor baru satu juta pasien konfirm positif, satusatunya negara di asia tenggara yang mencapai jumlah tersebut. Angka positif harianpun mencapai 10 ribu lebih, bahkan banyak yang meyakini, termasuk saya, bahwa angka sebenarnya lebih dari itu. Pengalaman saya yang praktik tiap hari, sering mendapati pasien dengan keluhan khas covid yang tidak mau ke RS atau tes swab pcr. Artinya virus covid ini sudah beredar parah di tengah masyarakat.

Usaha pemerintah untuk menanggulangi pandemi ini bukannya tidak ada, tapi saya yakin banyak yang sepakat jika timingnya selalu terlambat, ragu ragu dan tidak efektif. Semua itu terjadi karena pemerintah berusaha mengatasi pandemi tanpa mengganggu sektor ekonomi. Wal hasil sekarang menuai konsekuensinya, ibarat pepatah untung tak bisa diraih malang tak bisa ditolak, pandemi tak jua mereda, sementara ekonomi semakin terpuruk. Defisit anggaran semakin melebar, hutangpun semakin menggunung. Haryo Kuncoro dalam Jawa Post, 3 pebruari 2021, menyebutkan defisit APBN 2020 melejit hingga 956,2 Trilyun. Beliau mengatakan bahwa tidak ada makan siang gratis, artinya setelah subsidi turun giliran akan ada kewajiban yang harus dibayar masyarakat dalam bentuk apapun, misalnya pajak.

Covid19 Vs Economi

Last Updated on Monday, 15 February 2021 08:22
Read more...
 
MENGAPA RESEP "MENYELAMATKAN RUMAH SAKIT" GAGAL DIPRAKTEKKAN? PDF Print E-mail
Written by dr.Sholihul Absor,MARS   
Friday, 18 September 2020 07:56

 

MENGAPA RESEP "MENYELAMATKAN RUMAH SAKIT" GAGAL DIPRAKTEKKAN?

Pandemi Covid ini memberikan pukulan bagi manajer rumah sakit (RS). Keadaan berubah menjadi serba sulit, pasien turun drastis karena tidak berani ke RS, di saat yang sama biaya meningkat drastis akibat kelangkaan barang, terutama bahan medis habis pakai. Menghadapi keadaan ini para direktur berupaya mencari jalan agar operasional tetap bisa berjalan. Bagaimanapun juga RS harus tetap melayani pasien yang datang, dan tetap menggaji karyawan. Maka, bagaimana strategi atau tips mengelola RS di masa krisis menjadi sesuatu yang paling dicari oleh para direktur.

Berbagai webinar banyak diselenggarakan, dengan thema yang tidak jauh dari "cara menyelamatkan diri dalam situasi sulit". Ada yang memberi judul, "strategy pengembangan RS di era pandemi", ada pula yang memberi judul keren seperti, "manajemen RS di era New Normal", ada juga yang judulnya memberi harapan, "peluang di balik krisis".

Dengan pembicara top dari RS besar dan sukses, webinar seperti ini laris manis diikuti banyak peserta. Beragam tips, trik, metoda atau langkah disampaikan oleh narasumber dengan menarik, layaknya sebuah resep masak dari koki handal yang menjanjikan kelezatan hidangan hasil olahan.

Last Updated on Saturday, 19 September 2020 11:23
Read more...
 
«StartPrev12345678910NextEnd»

Page 1 of 14