AGUSTUS YANG PENUH MAKNA PDF Print E-mail
Written by dr.Sholihul Absor,MARS   
Thursday, 15 September 2016 09:20

AGUSTUS YANG PENUH MAKNA

Cukup lama saya tidak menulis di blog ini, alasan yang paling kuat adalah sedang kumat malasnya....(mohon pembaca memahami....masih manusiawi kan....). Alhamdulillah sekarang sudah sembuh dari penyakit malas dan ingin menulis lagi, semoga pembaca masih setia mengikuti tulisan saya dan semoga tidak bosan.

Kali ini tulisan saya ringan ringan saja seputar kesibukan selama sebulan tapi penuh makna. Ya...saya bilang penuh makna karena memang punya efek penting bagi organisasi dan saya sebagai pribadi, tidak hanya sibuk rapat yang terkadang hasilnya tidak jelas dan terperangkap dalam hal hal teknis dan kurang strategis.

Lepas bulan puasa kegiatan kembali padat untuk membayar beberapa kegiatan yang tertunda. Memang mestinya puasa tidak boleh menghambat produktifitas, tapi bercampur dengan kebiasaan dimana aktivitas diturunkan supaya lebih khusuk beribadah (atau lebih tepatnya mengurangi lapar dan dahaga.....hehehe). Diawali tanggal 13-14 agustus 2016 mengadakan acara Upgrading Majelis Pembina Kesehatan Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (MPKU PWM) Jawa Timur di hotel Solaris Malang. Acara ini mengumpulkan para penyelenggara (pengurus) rumah sakit dan klinik dibawah naungan Muhammadiyah. Ada 29 rumah sakit dan 50 klinik yang dimiliki, semua ini perlu ditingkatkan performanya melalui peningkatan kompetensi pengurus, bukan hanya para direktur dan pimpinan klinik saja yang harus update dengan perkembangan maupun tuntutan bisnis saat ini. Dalam kesempatan ini saya menjelaskan langkah praktis dalam menganalisis laporan keuangan. Alhamdulillah semua peserta sangat antusias dan merasa mendapat banyak manfaat dari acara ini.

Upgrading

Tiga hari kemudian tepat hari kemerdekaan tanggal 17 agustus 2016 saya merayakannya di Banyuwangi. Pagi berangkat naik pesawat bersama dr. Tomy Oki-pengurus MPKU PWM yang juga direktur RS Muhammadiyah Sumberrejo Bojonegoro. Saya diundang untuk memberikan pemantapan pejabat struktural RSI Fatimah Banyuwangi yang bertajuk Darul Arqom. Pentingnya visi organisasi dan loyalitas saya sampaikan disini.

Usai acara ini saya diajak ke kecamatan Muncar-satu jam perjalanan dari pusat kota Banyuwangi. Terus terang saya tidak tahu agenda acaranya, hanya diberitahu akan bertemu dengan bapak bapak pengurus. Saya pikir hanya akan diajak berdiskusi soal amal usaha Muhammadiyah, ternyata acaranya resmi, tidak kurang dari 50 orang berkumpul di aula sekolah SMP Muhammadiyah Muncar. Mereka adalah para unsur Pimpinan Cabang Muhammadiyah se Banyuwangi. Dan ini yang membuat kaget, judul acaranya Pengarahan, tak pernah terpikir saya memberi pengarahan kepada bapak bapak pimpinan meskipun mereka setingkat cabang. Bagi saya pimpinan cabang atau ranting sekalipun lebih mulia maqomnya (posisinya) dibanding saya yang diposisi majelis, karena merekalah yang membimbing ummat sedangkan majelis hanyalah unsur pembantu yang terdiri dari orang profesional.

Pengarahan PCM Muncar

Sore menjelang magrib acara dilanjutkan di klinik rawat inap Khadijah PKU Muhammadiyah Muncar untuk meresmikan kamar rawat inap VIP, bagus sekali kamarnya, oleh bapak Rofiq-sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyuwangi- klinik ini disebutnya sebagai klinik rasa rumah sakit. Pas sekali positioningnya kalau menurut saya, dari pada rumah sakit yang nanggung pelayanannya, lebih baik klinik tapi mantab performancenya. Dalam dunia marketing ada pepatah lebih baik jadi ikan besar di kolam kecil, daripada jadi ikan kecil di kolam besar.

PKU Muhammadiyah Muncar

Istirahat dua hari saya berangkat ke Cepu untuk menghadiri undangan Rapat Kerja Wilayah MPKU Jawa Tengah, yang diselenggarakan tanggal 19-21 agustus 2016. Memang saya hanya hadir sebagai peserta tapi even ini sangat penting untuk mengetahui sejauhmana perkembangan RS Muhammadiyah di propinsi lain, apalagi di Jawa Tengah jumlah RS Muhammadiyah lebih banyak. Banyak hal yang diambil pelajaran dari even ini, khususnya semangat mengembangkan jaringan rumah sakit melalui kerjasama berbagai pihak. Terima kasih kepada pengurus MPKU PWM Jawa Tengah yang telah mengundang saya.

Tiga hari kemudian tanggal 24 agustus 2016 saya kembali menyusuri jalur pantura, ke RSI Aisyiyah Bojonegoro. Memenuhi undangan salah satu staf rumah sakit yang sedang kuliah mengambil gelar master, saya diminta untuk mendampingi focus group discussion (FGD). Diskusinya sangat menarik karena membahas tentang langkah pemasaran dengan konsep marketing 3.0. semoga segera ujian dan lulus dengan nilai bagus.

Sekian dulu tulisan saya semoga bisa membangkitkan lagi semangat menulis, dan semoga menyusul tulisan berikutnya. Terima kasih buat pembaca yang masih setia.

twitter

@dokter_absor